Desas-desus Kyai Pilih Kasih

Ada kisah seorang kyai yang sangat tekun dan istiqomah mengajar para santrinya. Dari sekian banyak santrinya ada seorang santri yang sangat istimewa dan begitu besar mendapat perhatian gurunya. Kejadian itu meyulut desas-desus di kalangan santri-santri bahwa pak kyai pilih kasih terhadap santrinya. Desas-desus itu pun ahirnya terdengar oleh pak kyai. Kyai tidak banyak berbicara dan menanggapi persoalan itu.Suatu hari semua santrinya dikumpulkan di suatu tempat di mana beliau mengajar. Kemudian pak kyai berpesan kepada semua santrinya: “Wahai santri-santriku sekarang saya perintahkan kalian untuk mengambil ayam dan pisau. Kemudian sembelihlah ayam kalian di tempat yang sepi dan tidak ada yang melihat kalian!” Para santri bertanya-tanya dalam hati mengapa pak kyai menyuruh semua santri menyembelih ayam di tempat yang sepi. Lalu semua santri berhamburan kesana-kemari untuk mencari tempat yang sepi. Ada yang ke gua, di bawah pohon, di hutan, disawah, di kebun, dan lain-lain. Di tempat-tempat yang sepi inilah mereka menyembelih ayamnya. Namun, hanya tinggal satu santri yang disayangi oleh kyai yang belum menyembelih ayamnya. Setelah selesai mereka menyembelih ayamnya dikumpulkan oleh kyai. Dan ahirnya pak kyai menanyakan kepada mereka apakah mereka sudah menyembelihnya. Mereka semua menjawab: “Sudah” tetapi seorang santri yang belum menyembelih mengangkat tangan dan berkata: “Pak kyai saya belum menyembelih ayam yang kyai perintahkan kepadaku.” Kyai bertanya: “ Mengapa?” Santri menjawab: “Saya sudah mencari tempat yang sepai tetapi saya tidak menemukannya karena Allah SWT selalu melihat dan mengawasi gerak-gerik saya kyai” Kyai berkata: “Kalian semua tahu mengapa saya lebih menyayangi santri yang satu ini, karena ketaqwaan dan kema’rifatannya kepada Allah inilah yang membuat saya lebih mengistimewakan dia dari pada kalian.” Ahirnya semua santri mengakui itu dan mereka tetap ta’dhim kepada kyai.

Leave a Reply

