Pernahkah kita memikirkan betapa dasyatnya akan ciptaan Allah SWT, yang menyimpan sejuta rahasia dan pelajaran yang berharga bagi manusia. Misalnya, AIR. Dalam air terdapat hikmah dan pelajaran yang berharga bagi hamba yang merenungi akan penciptaannya. Diantara hikmah dan pelajaran yang dapat kita petik antara lain:
1. Air diciptakan oleh Allah SWT selalu mengalir ke bawah atas perinta Tuhannya. Ini mengisyaratkan dan mengajarkan pada manusia agar dalam menyusuri sepanjak tapak hidupnya hendaknya selalu berhias dengan sifat dan sikap tawadhu’ (rendah hati) dengan merasa diawasi dan diperhatikan oleh Zat yang Maha Agung. Dengan demikian, hidupnya selalu terpancar kebaikan yang bersumber dari sikap tawadhu’.

2. Di antara sifat air adalah selalu mengikuti bentuk wadah yang menampungnya. Jika wadahnya itu berbentuk bundar, maka air akan berbentuk bundar. Jika bejananya berbentuk segitiga, maka air akan membentuk dirinya segitiga, dan begitulah seterusnya. Dan juga dalam perubahan bentuk air itu dia tetap sejuk, segar dan tidak merusah wadah yang mewadahinya. Ini mengandung pelajaran bahwa, sebagai manusia seyogyanya memiliki sikap selalu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dengan tetap bersikap halus, lembut, santun, dan tidak membuat lingkungan yang kita singgahi gerah dengan kehadiran kita. Walaupun demikian, manusia tetap memiliki identitasnya sebagai muslim sejati yang beraqidah tauhid dan berakhlak robbani.

3. Setiap makhluk Allah SWT selalu membutuhkan akan air. Tumbuhan membutuhkan air, hewan membutuhkan air, manusia membutuhkan air untuk mandi, minum, makan, masak, berwudhu, dan lain-lain, bumi membutuhkan air. Hingga dapat dipastikan bahwa tiada kehidupan tanpa peran air. Tetapi, air tetap diam seribu bahasa TANPA SEPATAH KATAPUN YANG TERUCAP DARINYA, DAN AIR TETAP KOMIT AKAN MEMBERIKAN MANFAATNYA KEPADA SIAPAPUN SERTA SELALU TETAP MENGALIR KE BAWAH. Ini mengajarkan kepada manusia agar bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi lingkungan dan semua makhluk dengan ikhlas tanpa pamrih sedikitpun serta menjaga dan memelihara sikap tawadhu’nya. Jika ini yang menjadi pegangan seseorang maka semua makhluk Allah SWT akan selalu memuliakan dirinya hingga Allah berkenan menurunkan rahmat-Nya.

4. Fungsi Air salah satunya untuk bersucio dan membersihkan yang kotor-kotor. Seperti mandi, berwudhu’ mencuci, menyiram benda najis. Ini berarti sebagai seorang muslim hendaknya mampu melakukan penyucian diri dan lingkungannya dengan melakukan tazkiyatun nafsi dan amar ma’ruf nahi mungkar. Misi dan visinya adalah bagaimana mewujudkan kesucian diri dan lingkungan, serta kalayak umum baik batin, hati, pikiran, prilaku dari yang kotor dan tercela. Istiqomah dengan mengikuti prinsip air untuk selalu menjadi benda suci dan mensucikan, maka ia akan selalu berusaha menjaga kesucian diri dan lingkungannya dari sikap, prilaku, ucapan, pikiran, dan hati yang kotor. Hamba yang selalu menjaga kesucian diri sangat dicintai oleh Allah SWT.

5. Setiap tanah yang dilalui oleh air akan membentuk tekstur yang unik dan indah serta sepanjang aliran air tersebut tumbuh subur berbagai pepohonan. Artinya seorang mu’min sejati, setiap dia berjalan dan berpijak disuatu tempat, maka ia selalu menebar keindahan dan kedamaian lingkungannya dengan memberikan suritauladan, tausiyah, wujud bantuan konkrit, melerai yang sedang bertikai, menyatukan yang sedang bercerai, mengajak orang yang lupa, membuat tersenyum orang yang berduka, meringankan beban saudara yang berat, memberi pelita bagi yang buta kejalan Tuhan dan lain sebagainya.

6. Air jika diminum oleh orang atau hewan yang sedang kehausan, dapat menghilangkan rasa dahaga diri dirinya. Artinya, hendaknya seorang mu’min menjadi seorang yang fatwanya sangat dirindukan pendengar, kehadirannya diharapkan semua, Dakwahnya mengajak bukan mengejek, menggugah bukan membuat buta, berangkat dario hati yang bersih, kedalaman spiritual, berdasarkan ilmu Allah SWT dan berhias dengan akhlak karimah.
Dan masih banyak lagi manfaat yang dapat diambil dari air salah satu ciptaan Allah ini. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari adanya air ini. Amin.

6 responses »

  1. bagus, menambah khasanah pengetahuan umat Islam sesuai dgn teladan Muhammad Saw..
    makasih smg bermanfa’at dunia-akhirat, Amiin.
    Air merupakan simbol dari kenyataan kesempurnaan asma2 dan sifat2 Allah Swt yg indah.

  2. asyik mas, makasih ilmunya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s