MAU MAJU KUASAI IPTEK

Samsul Afandi, SS.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan kaya akan SDAnya. Bangsa yang begitu besar ini mengapa masih tertinggal dengan bangsa yang lainnya seperti Negara Jepang, Korea, Malasia, dan lain-lain?. Di antara faktor penghambat kemajuan bangsa Indonesia untuk bersaiang dengan negara maju lainnya, yaitu penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak maksimal dan merata, banyaknya korupsi dikalangan elit politik bangsa, besarnya hutang luar negeri, dan ketergantungan bangsa Indonesia kepada negara-negara asing.

Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah faktor potensial yang dapat mendorong kemajuan bangsa ini Karena itu, untuk memajukan suatu bangsa, maka bangun dan benahi pendidikannya. Ini bertujuan untuk meningkatkan taraf atau tingkat intelektual (SDM) yang mumpuni dan juga menelorkan intelektual yang berhati nurani. Oleh sebab itu, sekolah memiliki peranan yang penting untuk membangun peradaban yang lebih baik. Sayangnya bangsa ini belum mampu menguasai faktor penting untuk kemajuan bangsa itu, yaitu penguasaan IPTEK. Sementara dalam perjalanan sejara dituturkan, bangsa yang sudah mampu menguasai iptek adalah bangsa yang bisa maju.

Islam sangat memperhatikan kemajuan dan perubahan. Pesan ini pun juga disampaikan dalam ajaran islam, yaitu siapa yang mau merebut kemajuan, maka harus menguasai iptek. Karena belum ada penguasaan iptek dengan maksimal , maka bangsa ini pun terhambat untuk maju. Sabda Rasulullah SAW “Siapa yang ingin meraih dunia, maka ia harus meraih dengan ilmu; Siapa yang ingin meraih akhirat, maka ia harus meraihnya dengan ilmu; dan siapa yang iangin meraih keduanya, maka ia harus meraihnya dengan ilmu.” (Al-Hadits).

Faktor lain yang manghambat kemajuan bangsa adalah bangsa ini belum mampu mengelola kekuatan dan SDA yang dimiliki sendiri dalam hal ini erat kaitannya dengan managenem kepemimpinan. Dan yang lebih parah lagi adalah langkanya pemimpin yang amanah dan berakhlak mulia. Faktor ini menyebabkab terjadinya banyak tindak korupsi di semua jajaran tinggi pemerintahan. Lebih dari itu, yang lebih penting adalah belum diimplementasikannya agama islam secara maksimal. Bangsa yang mayoritas penduduknya adalah umat islam masih cenderung tenggelam dalam spiritualistik dan formalisme agama saja. Bangsa indonesia masih belum mampu menangkap apinya Islam.

Kalau bangsa ini mau maju dan mampu bersaing, maka harus membangun pendidikan yang lebih baik dan berkualitas, serta meningkatkan SDM melalui proses pendidikan yang islami dan berkualitas. Di samping itu, ada tiga hal yang dapat membuat bangsa ini maju, yaitu kualitas, kompetensi, dan daya saing yang ditopang oleh intelektual dan moral yang baik.

Karena itu, saya mengajak segenap komponen masyarakat untuk melakukan perubahan yang lebih baik dengan menbangun pendidikan yang maju dan berkualitas untuk menghasilkan generasi-generasi yang unggul dan berakhlakul karimah.

Malang, Selasa, 8 September 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s