Tidak bisa dipungkiri bahwa setia orang tua menginginkan putra putrinya lulus dengan nilai terbaik di UN. Keinginan ini menyebabkan banyak orang yang khawatir, cemas, dan bahkan hingga sakit. Ketakutan dan kehawatiran orang tua ini tanpa disadari telah mendorong orang tua untuk bersikap otoriter dan apriori kepada anak-anaknya. Putra-putrinya diwajibkan mengikuti berbagai kursus dilembaga kursus ternana dengan mengeluarkan biaya jutaan rupiah. Dan ada pula yang fanatik memanggil guru privat di ruPerhatian orang tua yang tinggi ini tidak diimbangi dengan perhatian orang tua terhadap sholat lima waktu putra putrinya.

Bahkan ada sebuah sekolah tertentu yang mengorbankan kejujuran dengan memaksakan siswa-siswinya menyontek jawaban yang disebarkan guru dengan harapan semua siswanya lulus seratus persen. Ini seperti pepatah yang menyatakan bahwa “jika guru kencing berdiri, maka siswanya kencing berlari”. Ingat dan ketahuilah, bahwa semua apa yang kita ajarkan pada siswa-siswai kita akan dimintai pertanggung jawaban di sisi Allah SWT

Mereka sungguh telah mengutamakan nilai UN dari pada sholat lima waktu. Hingga akhirnya banyak siswa yang pulang sekolah langsung pergi ke tempat kursus dan mereka meninggalkan sholat secara bersama-sama. Secara tidak langsung mereka membiarkan putra-putrinya meninggalkan sholat (kekafiran). Karena itulah, sikap ini banyak mengakibatkan orang tua yang kewalahan dengan sikap dan prilaku anak-anaknya yang pintar akademiknya tetapi durhaka dan mselalu menyakiti hati kedua orang tuanya. Pinter tetapi tidak bermoral. pandai tetapi durhaka kepada orang tua. Karena itu, kita harus hati-hati dalam menghadapai fenomena ini. Kirta bisa mengikuti berbagai kursus tetapi orang tua harus berperan aktif kepada purta-putrinya untuk tetap konsisten mengerjakan sholat lima waktu. Talbis shaithon bisa berada dimana-mana dan menimpa pada siapapun. Karena itu, tulisan ini semoga menjadikan kita tetap berada dalam koridor ketaqwaan kepada Allah SWT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s