TIPS SALING MEMAAFKAN

Oleh : Ustadz Samsul Afandi, SS.,M.Pd

Upaya saling maaf memaafkan memang mudah untuk diucapkan tetapi betapa sulitnya untuk direalisasikan,karena itu di bawah ini ada beberapa tips untuk bisa saling memaafkan kesalahan orang lain,yaitu:

1. Dasari silaturrahmi dengan niatan karena Allah,agar kita dalam melakukan silaturrahmi tidak bertendensi dengan apapun dan tekat kita menjadi bulat untuk mencapai kebaikan

2. Dasari silaturrahmi dengan nilai keimananan, artinya berangkatlah dalam silaturrahmi dengan panggilan iman bukan panggilan rekan atau sungkan pada seseorang

3. Lupakan semua kesalahan orang lain dan jangan diingat-ingat kesalahan orang lain. Ini bertujuan agar kita bersilaturrahmi memiliki pikiran yyang positif (husnudzon) dan terhindar dari su’uudhan.

4. Lupakan kebaikan diri sendiri pada orang lain,agar kita dalam bersilaturrahmi tidak meresa berjasa pada orang lain.Sebab perasaan berjasa akan mendorong seseorang tidak ikhlas dalam beramal.

5. Ingat selalu kekurangan dan kesalahan diri kita pada orang lain,sehingga kita semakin mantap untuk meminta maaf pada orang lain dan mereasapuas dengan pemberian maaf dari orang lain. Di samping itu, kita berangkat untuk silatur rahmi dengan hati yang tawadhu’ dan khudhu’ .Dan sifat ini merupakan sifat yang mulia.

6.Ingat selalu kebaikan dan jasa-jasa orang lain kepada kita selama ini.Dengan mengingat jasa dan kebaikan orang lain kepada kita,maka kita akan tertanam pada diri kita rasa terimakasih dan syukur.Dengan sifat inilah kita bersilaturrohmi dengan penuh ketulusan dan syukur.

7.Ingat, dalam silaturrahmi Allah selalu mengawasi kita semua.Ini bertujuan agar kita menjalankan silaturrahmi selalu hati-hati dari perkara yang merusak nilai silaturrahmi seperti riya’, takabbur, ujub,dan lain sebagainya.

semoga kita dapat menjalankan silaturrahmi dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. bukan silaturrahmi seperti blangkon yaitu bendolburi. artinya baik didepan, sopan di depan tetapi ngrundel dibelakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s