FIGUR PEMIMPIN

            Kita sangat mendambakan figur pemimpin yang adil, bijaksana, arif, dekat dengan rakyat, berpihak pada rakyat, tidak jauh dari rakyat, peduli pada orang kecil, memperjuangkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Rasulullah SAW adalah figur pemimpin yang kita kenal dengan kepribadian yang luhur, mulia, arif, bijaksana, dan penyayang. Patutlah kita-sebagai orang yang beriman- menjadikan referensi, rujukan, acuan, dan teladan hidup dalam berbangsa dan bernegara.

Kita tahu bagaimana kesabaran beliau saat mendapatkan nikmat atau ujian yang menerpa. Beliau jujur kepada siapapun dalam keadaan apapun, Selalu tulus dan tanpa pamrih dalam setiap pengorbanan beliau. Beliau pemimpin yang sangat tawadhu’, meskipun seluruh makhluk sejagat memuji, memuliakan, menyanjung, dan membesarkannya. Beliau pemimpin yang pemaaf, santun, lembut, dan penyayang kepada semua orang. Beliau sederhana dan tidak tamak pada tahta, harta dan wanita, meskipun beliau mudah meraihnya.

Beliau pernah ditanya: “Untuk apa beliau diutus Allah?: Beliau menjawab: “Tidaklah aku diutus kecuali untuk menyempurnakan akhlak”.

Beliau orang yang sangat mumpuni dan sangat profesional dalam semua bidang kehidupan. Beliau dikenal sebagai pebisnis ulung, politisi yang jujur dan transparan, pemimpin yang adil dan bijaksana, pendidik atau guru yang menyayangi semua muridnya, kepala Negara yang dicintai rakyatnya. Beliau dikenal sebagai suami yang sangat romantis bagi istri-istri beliau.

Beliau sangat mahir dalam tehnik dan taktik dalam peperangan. Sejak Rasulullah SAW hijrah ke Madinah selama 10 tahun, beliau tidak kurang dari 23 peperangan dan beliau selalu ada dibarisan terdepan.

Beliau orang besar yang diakui  kebesarannya oleh seluruh bangsa. Beliau menebarkan rahmat dan kedamaian. وما أرسلناك إلا رحمة للعالمين. الأنبياء : 107

Ada orang besar yang diakui dan dijunjung tinggi oleh rakyatnya, tetapi dianggap biasa-biasa saja oleh bangsa lain.

  1. Edward Teller penemu bom Atom, yang diakui dunia akan kedasyatan daya ledaknya yang bisa menghancurkan kota Nagasaki dan Herosima 1945, tapi dianggap biasa oleh Rusia. Karena mereka memiliki  fisikawan asal Rusia yaitu Yulii Borisovich Khariton tahun 1904 telah menemukan bom hidrogen dengan tenaga nuklir dan daya ledakan terkuat sepanjang sejarah umat manusia.
  2. 2.       Hideki Yukawa ahli nuklir di Tokyo, Dia profesor di Universitas Kyoto dan Universitas Osaka.
    Tahun 1949, dia meraih nobel di bidang riset fisika. Seakan menyampaikan pada dunia bahwa bangsa Asia juga menyimpan potensi besar di bidang sains. Ia menempatkan negerinya, Jepang sebagai negara di Asia kedua setelah India yang berhasil mendapat pengakuan dunia internasional dalam pencapaian yang mengagumkan dalam bidang riset fisika. Kemudian ia menjadi profesor di Universitas Columbia, Amerika Serikat pada tahun 1949. Disamping Nobel, penghargaan yang pernah diterimanya antara lain dari Universitas Paris, the Royal Society of Edinburgh, the Indian Academy of Sciences, the International Academy of Philosophy and Sciences, dan the Pontificia Academia Scientiarum. Tapi dia dianggap biasa saja oleh Inggris. Karena Inggris memiliki Paul Andrien Maurice Dirac 1902. Dia merupakan salah satu fisikawan besar inggris.
  3. Heinrich Rudolf Hertz Jerman dia dikenal fisikawan penemu gelombang frekuensi Hertz.
  4. Daniel Gabriel Fahrenheit Dia adalah penemu skema temperatur Fahrenheit pada tahun 1724.
  5. Chester Flood Carlson merupakan Penemu dari Mesin Fotocopy dilahirkan pada tanggal 8 Februari 1906 di Seattle, Washington, Amerika Serikat.
  6. DNA (Dioxyribo Nucleic Acid) merupakan bagian terpenting bagi mahluk hidup karena DNA merupakan tempat penyimpanan informasi genetik, bisa dikatakan bahwa DNA merupakan resep, skema, sistematika, manual, peta, cetak biru, rancangan, dan informasi biologis yang unik dari makhluk hidup. Penemu DNA adalah James Watson dan Francis Crick. James Dewey Watson salah satu penemu dari DNA dilahirkan di wilayah Chicago, Illinois pada tanggal 6 April 1928.
  7. Robert Noyce – Pendiri Intel Corp dan William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Dia adalah pencetus microsof windows.
  8. Adolf Hitler – Sang Diktator Nazi Jerman, dianggap biasa saja oleh Uni Sovyet dan Inggris.

Mereka adalah orang-orang yang diakui kebesarannya oleh bangsanya, tetapi dianggap biasa saja oleh bangsa lain.

Dalam sejarah tercatat banyak pemimpin-pemimpin Negara yang besar, ketika akan meninggal dunia, yang disebut-sebut istri, anak-anaknya, dan harta kekayaannya. Adolf Hitler – Sang Diktator Nazi Jerman ketika akan mati, yang disebut adalah orang-orang yang disayangi.

Tetapi Rasulullah SAW, beliau seorang kepala Negara, guru, ketika akan wafat yang dipanggil adalah umatku, an-nisa 3x, dan ash-sholah. Bukan khotijah, bukan Fatimah, tetapi yang disebut adalah umat beliau. Cintanya kepada umatnya melebihi cinta beliau kepada diri dan keluarganya.

Pesan tersebut: Perlakukan  wanita dengan baik 3x, jangan disia-siakan wanita, seperti  jaman jahiliyah. Waktu itu, wanita hanya sebagai penghibur dan pemuas hasrat lelaki.

Sholat adalah tiang agama. Dirikanlah sholat, tegakkan agama. Jangan robohkan agama dengan meninggalkan sholat.

REFLEKSI:

Peminpin dan wakil rakyat sekarang sangat banyak yang mementingkan kesenangan diri dan golongan dengan mengesampingkan tugas dan kewajibannya. Tidak sedikit pemimpin yang main perempuan. Tidak sedikit pemimpin yang meninggalkan sholat dan banyak melakukan korupsi.

Karena itu, kita berharap agar pemimpin kita dimasa mendatang adalah pemimpin yang jujur, adil, bijaksana, pro rakyat dan pemimpin yang dapat meneladani pribadi luhur Rasulullah SAW.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s